Latihan Soal Pretes PPG Karakter Guru Profesional Tahun 2023
1. Siswa siswi peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) dari sekolah anda gagal meraih skor tinggi dalam uji coba OSN. Sebagai pendamping OSN apa yang anda lakukan?
A. Saya meminta alumni OSN untuk mengajar para peserta tentang cara menjawab soal OSN
B. Saya mengarahkan orang tua peserta OSN untuk lebih memotivasi anak mereka agar lebih giat dalam belajar dalam persiapan OSN
C. Saya merencanakan, menyiapkan, dan menyelenggarakan latihan lebih intensif bagi peserta untuk mengikuti OSN pada waktu berikutnya
D. Saya minta pada peserta OSN membentuk kelompok belajarmateri OSN agar penguasaannya meningkat
E. Saya mendorong para peserta OSN mengikuti tambahan pengayaan materi olimpiade dari guru kelas
2. Seorang peserta didik mengeluhkan keadaan orang tuanya yang akan segera bercerai. Mendengar keluhan tersebut. Apa yang anda lakukan ?
A. Memperhatikan keluhan peserta didik dan melarang menceritakan hal tersebut kepada orang lain, sambil berusaha membantu dia
B. Mendengarkan dengan penuh pengertian dan merasakan perasaan peserta didik, menjaga rahasia, serta berusaha untuk membantu dia
C. Memahami keluhan perserta didik dan membiarkan peristiwa tersebut berjalan seperti apa adanya
D. Memperhatikan keluhan peserta didik dan menganggap sebagai suatu hal yang biasa terjadi dalam kehidupan rumah tangga
E. Melakukan penilaian terhadap keluhan peserta didik dan menceritakan keluhan tersebut kepada orang lain.
3. Sudah seminggu sampah di depan rumah anda tidak diambil oleh petugas pengambil sampah karena mobil pengangkut sampah rusak. Beberapa warga disekitar anda yang tidak sabar lalu mewadahi sampahnya pada wadah plastik kemudian dibuangnya sampah dalam bungkusan plastik itu satu demi satu ke sungai yang ada di antara kampung. Hal apa yang anda lakukan sebagai guru?
A. Membicarakan persoalan tersebut dengan ketua RT dan tokoh masyarakat untuk mencari solusi permasalahan tersebut
B. Meminta tukang sampah untuk bertanggungjawab agar segera mengangkut sampah yang sudah menumpuk seminggu
C. Mengingatkan warga agar tidak membuang sampah ke sungai karena akan menimbulkan pencemaran dan banjir
D. Menyewa mobil yang dapa mengangkut sampah untuk mengangkut sampah warga yang sudah tertumpuk seminggu
E. Membuang sendiri sampah yang sudah menumpuk seminggu ke tempat pembuangan akhir meskipun jaraknya jauh
4. Dalam sebuah ceramah tentang “pencegahan korupsi” sebagai narasumber anda ditanya peserta ceramah, “Apakah anda setuju jika koruptor kakap dihukum mati? Jawaban anda adalah….
A. Koruptor kakap sebaiknya dihukum seberat-beratnya dan ditempatkan pada tempat terasing, misalnya Nusakambangan.
B. Membuat jera koruptor tidak harus dihukum mati karena dengan hukuman seumur hidup mestinya membuat pejabat takut
C. Hukuman mati sebiknya ditiadakan, karena sejahat atau seburuk apapun manusia masih ada peluang untuk menjadi orang baik
D. Setuju jika koruptor dihukum mati karena sudah terbukti di Tiongkok karena koruptor dihukum mati maka tingkat korupsi Tiongkok 0 %
E. Setuju jika koruptor kakap dihukum mati agar membuat para pejabat tidak berani melakukan perbuatan korupsi
5. Seorang guru mendapati beberapa siswa yang belum mengumpulkan tugas pada tenggang waktu yang telah diberikan dikarenakan tugas yang menumpuk dari mata pelajaran lain. Jika seandainya anda sebagai guru apa yang anda lakukan?
A. Tetap meminta tugas yang telah diberikan dengan sanksi nilai sesuai dengan tugas yang dikerjakan sebagai upaya untuk memberikan efek jera pada siswa
B. Mendorong siswa untuk segera menyelesiakan tugas secara maksimal, dengan menyampaikan perkembangan siswa yang sudah dan belum mengumpulkan
C. Memberikan fasilitas untuk berdiskusi dan mengajarkan pada siswa tentang bagaimana cara mengatur waktu dengan baik serta bertanggung jawab pada tugas yang diberikan
D. Memberikan toleransi tambahan waktu agar siswa yang belum mengumpulkan tugas dapat menyelesaikan tugasnya
E. Menolak tugas yang dikumpulkan melewati batas waktu agar tidak mengiingkari kesepakatan yang sudah disepakati di awal semester
6. Terdapat peserta didik yang mengadu kepada guru, bahwa ia selalu melakukan tugas piket kebersihan kelas sendiri. Anggota yang lain tidak mau terlibat membersihkan kelas. Mereka memaksa dan mengancam jika melaporkan hal tersebut pada wali kelas. Sebagai guru yang mengetahui hal tersebut, apa yang akan anda lakukan?
A. Guru melakukan evaluasi keterlibatan siswa terkait kegiatan piket kebersihan kelas serta menyampaikan hasilnya, agar menjadi perhtian seluruh siswa untuk terlibat dalam tanggung jawab tersebut
B. Memberikan teguran kepada siswa yang tidak mau terlibat dalam kegiatan piket kebersihan kelas agar siswa yang rajin tidak terpengaruh dan dia tidak mengulangi perbuatannya
C. Merekomendasikan guru BK untuk melakukan konseling kelompok untuk mengajarkan keterampilan bekerjasama dengan orang lain dalam suatu kelompok
D. Memfasilitasi pertemuan bersama agar terjadi komunikasi antar anggota kelompok piket kebersihan, sehingga semua anggota menyadari tugas masing-masing ketika jadwal piket kebersihan kelas berlangsung
E. Memberika hukuman kepada seluruh anggota piket kebersihan karena tidak dapat membangun kerjasama yang baik dalam tugas yang menjadi tanggung jawabnya
7. Seringkali dalam bekerja tim, kelompok memiliki pandangan yang bertentangan dengan pendapat anda, pernyataan yang paling menggambarkan reaksi anda adalah…
A. Tetap bergabung dengan kelompok, namun diam-diam mengharapkan kelompok gagal menjalankan apa yang anda putuskan
B. Tetap bergabung dengan kelompok , namun mengikuti semua kegiatan dengan sepenuh hati
C. Menerima sepenuhnya keputusan kelompok, dan melakukan introspeksi bila ada pandangan pribadi yang keliru
D. Keluar dari kelompok, karena saya tidak bias menerima keputusan yang bertentangan dengan keyakinan
E. Menerima keputusan kelompok apa adanya, namun tetap bersikap kritis terhadap keputusan yang telah diambil
8. Salah satu karakteristik guru profesional yang telah memiliki kualifikasi S1/D4. Jika anda belum memiliki kualifikasi tersebut, apa yang perlu dilakukan?
A. Melanjutkan pendidikan kejenjang sarjana atau sederajat
B. Mengajar secara rutin sambil menunggu pensiun agar tidak ketinggalan
C. Sewaktu-waktu berpartisipasi dalam berbagai peningkatan diri
D. Meningkatkan diri setelah diwajibkannya persyaratan guru profesional
E. Mengikuti berbagai kegiatan ilmiah bgi peningkatan profesionalitas
9. Sebagai guru yang dianggap kompeten, anda diminta menggantikan guru lain yang kebetulan sakit, untuk mengkoordinasikan panitia kegiatan peringatan HUT kemerdekaan RI di sekolah. Yang akan anda lakukan atas permintaan ini adalah…
A. Menerima tugas itu, dan menjalankannya setelah selesai mengerjakan tugas-tugas lain yang telah datang terlebih dahulu
B. Menolak penunjukan tersebut, karena bukan tugas yang seharusnya dilakukan
C. Merombak dengan kepanitiaan baru yang anda pilih sndiri karena anda percaya akan kompetensinya yang baik
D. Walaupun dengan berat hati akan bekerja & menjalankan tugas itu apa adanya dengan ikhlas
E. Mengkoordinasikan dan bersinergi dengan pihak-pihak yang terlibat dalam kepanitiaan yang disusun sebelumnya
10.Kesempatan untuk menempuh pendidikan lanjut tidak mudah didapatkan. Seandainya anda mendapatkan kesempatan itu, apakah yang anda nilai sebagai yang paling penting?
A. Peningkatan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai hasil studi lanjut
B. Pengembangan wawasan melalui belajar
C. Pengembangan jejaring sosial yang bermanfaat kelak bagi pekerjaan
D. Pengembangan diri sebagai guru yang dapat bermanfaat untuk diri dan orang lain
E. Peningkatan kecakapan dalam melaksanakan tugas di tempat kerja
11. Seorang siswa kedapatan membawa handphone ke sekolah. Padahal sekolah sebenarnya sudah memberikan tulisan peringatan serta aturan untuk tidak membawa handphone ke sekolah. Sebagai guru yang berkewajiban memberikan pendidikan, bagaimana anda menaggapi permasalahan tersebut?
A. Apabila mengetahui siswa yang membawa handphone, segera menyampaikan hal ini pada wali kelas serta guru bimbingan dan konseling untuk memperoleh penanganan lebih lanjut
B. Saya akan lebih aktif dalam mencegah agar siswa tidak membawa handphone ketika di sekolah dengan cara melakukan pemeriksaan sebelum bel masuk kelas dan menyita hp untuk sementara waktu
C. Merampas handphone dan memanggil orang tua siswa tersebut agar ikut mengingatkan anaknya jangan sampai membawa handphone ke sekolah
D. Saya menemui siswa yang membawa handphone saat di sekolah maupun di kelas serta emberikan teguran langsung dengan harapan tidak mengulangi pelanggaran tersebut
E. Memanggil siswa dan menasehatinya agar dia tidak membawa handphone ketika di lingkungan sekolah karena akan mengganggu konsentrasi belajarnya
12. Suatu ketika anda menjadi tuan rumah dalam acara rutin pertemuan warga RT. Semua warga RT diundang untuk acara pertemuan rutin setiap bulan. Tamu pertama yang datang ke rumah anda adalah seorang warga paling miskin di RT. Apa yang akan anda lakukan?
A. Menyalami tamu pertama dan menggandengnya dengan penuh respek untuk duduk dikursi yang telah disediakan
B. Sembari menunggu tamu lainnya, anda menemani tamu tersebut sambil ngobrol tentang hal-hal ringan
C. Mengajak tamu tersebut kebelakang dan menawarinya untuk makan, setelah itu meminta bantuan untuk menyiapkan makanan dan minuman
D. Meminta tamu pertama itu duduk di kursi deretan paling depan untuk menghargai tamu yang datang paling awal
E. Membiarkan tamu pertama itu untuk mencari tempat duduk sendiri karena tamu lain juga anda perlakukan seperti itu
13. Ketika anda tahu ada siswa berbeda agama tidak dapat mengikuti pelajaran tambahan yang dianggap sangat penting karena menyiapkan kegiatan ritual keagamaannya, maka yang sebaiknya anda lakukan adalah…
A. Memperbolehkan siswa tersebut tidak mengikuti pelajaran tambahan dan memberi kesempatan untuk bertanya atau mengikuti jadwal kelas yang lain
B. Menyerahkan keputusannya kepada siswa
C. Memberi nasehat kepada siswa tersebut untuk mengganti jadwal ritual keagamaannya
D. Tetap meminta siswa tersebut mengikuti pelajaran tambahan
E. Memberi nasehat bahwa pelajaran tambahan itu penting dan menyerahkan keputusannya kepada siswa tersebut, apakah akan mengikuti atau tidak
14. Di wilayah anda mengajar ada komunitas GTT (Guru Tidak Tetap) yang terwadahi dalam PGRI, melakukan penggalangan dana sukarela untuk berjuang ke Jakarta mengusulkan kepada pemerintah agar diangkat sebagai PNS. Jika Anda guru PNS yang telah menerima tunjangan profesi, apa yang akan anda lakukan?
A. Berpartisipasi aktif dalam penggalangan dana itu agar memperoleh dana yang cukup dan mampu membayar perwakilan GTT ke Jakarta
B. Mendukung sepenuhnya penggalangan dana itu dengan mengajak teman guru PNS lainnya untuk berpartisipasi dalam penggalangan dana
C. Mengusulkan kepada pengurus PGRI daerah agar membiayai perwakilan GTT untuk pergi ke Jakarta menyampaikan aspirasinya
D. Member nasehat kepada teman guru GTT untuk tidak terlalu berambisi diangkat sebagai PNS karena pengangkatan PNS ada aturannya
E. Menaruh simpati terhadap upaya penggalangan dana itu meskipun tidak harus memberi kontribusi dalam bentuk uang
15. Terdapat 5 kriteria penilaian teman sejawat yaitu kejujuran, kedisiplinan, integritas, tanggugjawab dan penampilan. Agar penilaian kepada teman sejawat yang anda lakukan objektif maka yang dilakukan adalah…
A. Setiap aspek dinilai dulu untk semua teman, misalnya aspek kejujuran dinilai dulu untuk semua teman baru aspek kedisiplinan dan seterusnya
B. Mendiskusikan dengan teman lain agar hasil penilaian tidak tendensius dan dapat dipertanggungjawabkan
C. Menilai satu persatu teman sejawat dengan lima kriteria (kejujuran, kedisiplinan, integritas, tanggungjawab, penampilan) sekaligus
D. Merangking aspek kejujuran dan rangking pertama sebagai terakhir untuk semua teman kemudian dilanjutkan merangking aspek kedisiplinan dan seterusnya
E. Perlu mempertimbangkan senioritas meskipun lima kriteria penilaian teman sejawat tetap perlu menjadi acuan
16. Terdapat siswa yang mengeluhkan kepada guru bahwa dalam tugas-tugas kelompok seringkali dipaksa teman-temannya untuk menyelesaikan tugas itu sendirian. Hal ini karena, siswa tersebut selain pandai, juga anak orang berada sehingga kebutuhan- kebutuhan dalam mengerjakan tugas mudah dipenuhi. Menanggapi hal tersebut, anda…
A. Menyuruh siswa tersebut menerima saja perlakuan teman-temannya daripada mereka membullynya
B. Meningkatkan pemantauan proses kerja kelompok dan menginformasikan hasil evaluasi serta keterlibatan setiap anggota dalam kerja kelompok
C. Memfasilitasi pertemuan anggota kelompok, agar tidak terjadi pemaksaan dan semua anggota berkontribusi dalam mengerjakan tugas kelompok
D. Merekomendasikan kepada guru bimbingan dan konseling untuk mengajarkan keterampilan bekerjasama pada kelas siswa tersebut
E. Memberikan teguran kepada siswa-siswa yang enggan terlibat dalam kerja kelompok agar tidak mengulangi perbuatannya
17. Saat mendapat tugas sulit dan tidak menyukainya maka harus tetap diselesaikan hingga tuntas. Bagaimana menutut pendapat Anda?
A. Tidak setuju karena hasilnya tidak akan maksimal
B. Setuju karena sudah merupakan kewajiban untuk menyelesaikan tugasnya
C. Setuju karena sikap mudah menyerah akan mempengaruhi kinerja
D. Tidak setuju karena akan menyebabkan stress
E. Tidak setuju karena lebih baik mengerjakan tugas lain dengan hasil lebih baik
18. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat atau lingkungan melalui pemahaman sejarah dan kebudayaan masyarakat.,
2) Mengembangkan kemampuan personal dan interpersonal yang dapat digunakan dalam rangka mengatasi kesulitan hidupnya.,
3) Memahami konsep dasar dan mampu menggunakan metode yang diadaptasi dari ilmu sosial yang digunakan untuk memecahkan masalah sosial.,
4) Memiliki kemampuan dan gaya berkomunikasi serta memiliki jiwa kerjasama dalam masyarakat majemuk pada tingkat local, nasional dan global.,
5) Mampu menggunakan model dan proses berfikir serta membuat keputusan yang tepat
Penerapan nilai-nilai IPS SD yang dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari adalah…
A. 2, 3, dan 4
B. 1, 3, dan 5
C. 4, 5 dan 1
D. 2, 5 dan 5
E. 1, 2, dan 3
19. Anda adalah seorang guru Sekolah Dasar di sebuah kabupaten. Anda melihat banyak anak yang tidak menyelesaikan sekolahnya. Berdasarkan informasi, alasan banyaknya anak yang putus sekolah karena orang tua mendorong anaknya untuk bekerja dari pada belajar untuk menambah penghasilan keluarga. Terkait kasus ini, hal yang dapat anda lakukan adalah….
A. Mengajak beberapa anak tinggal dirumah anda untuk dibimbing belajarnya
B. Menerima kondisi tersebut sebagai sesuatu hal yang biasa
C. Mencarikan pekerjaan bagi anak-anak itu, karena cepat bekerja akan menolong ekonomi keluarga mereka
D. Melakukan audensi bersama dengan guru-guru lain untuk segera mencari solusi dan menjelaskan arti penting sekolah bagi masa depan anak-anak, serta mengajak diskusi para orang tua untuk bersama-sama mencari keluar
E. Menjelaskan kepada kedua orang tua untuk tetap menyekolahkan anaknya agar mengubah masa depan mereka kelak
20.Suatu ketika terdapat tetangga yang meminta anda untuk menjadi mediator dalam penyelesaian konflik antar saudara berkait harta warisan. Hal apa yang akan anda lakukan?
A. Menyarankan untuk meminta bantuan lembaga hukum karena hal itu bukan bidang guru
B. Menyarankan kepada seluruh keluarga untuk berdamai berlandaskan nilai agama
C. Menolak permintaan itu karena guru tidak memiliki keahlian di bidang itu
D. Mengumpulkan seluruh keluarga yang berkonflik untuk dinasehati
E. Menerima permintaan itu dengan sepenuh hati dan berupaya mencari solusi terbaik